Senin, 08 Maret 2010

Rpp x semester 1 dan 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
Tujuan : Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup



I. Indikator
• Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
• Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup

II. Materi Ajar
• Pengertian Biologi sebagai ilmu
• Ciri-ciri makhluk hidup

III. Metode Pembelajaran
• Pengamatan-diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (1 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (5 menit)
• Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
• Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
B. Kegiatan inti (30 menit)
• Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup.
• Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati.
• Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi

V. Alat/Bahan/Sumber
• Buku Kerja Biologi IA, Esis
• Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
• Berbagai makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah

VI. Penilaian
• Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.2)






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 2 - 3
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi ilmu biologi



I. Indikator
• Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan
• Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan
• Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi
• Membuat makalah tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi

II. Materi Ajar
• Tiga aspek keilmuan biologi meliputi:
1. Objek
2. Permasalahan
3. Tingkat organisasi
• Cabang-cabang ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi”

III. Metode Pembelajaran
• Pengamatan – Diskusi–Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi.
• Siswa mengidentifikasi kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai obyek biologi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai kelompok makhluk hidup hidup
• Guru bersama dengan siswa mengidentifikasi berbagai tingkat organisasi kehidupan pada objek biologi.
• Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai permasalahan dalam biologi.
• Guru bersama siswa membuat gambar struktur keilmuan biologi berdasarkan aspek objek, tingkat organisasi, dan permasalahan biologi.


C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru bersama dengan siswa menyimpulkan struktur keilmuan biologi.
• Guru minta siswa untuk mengidentifikasi beberapa cabang ilmu biologi dan struktur keilmuaannya.

Pertemuan 3 (1 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan beberapa objek, tingkat organisasi. dan permasalahan pada beberapa cabang ilmu biologi yang sudah berhasil diidentifikasi siswa.
B. Kegiatan inti (25 menit)
• Guru mendiskusikan beberapa cabang ilmu biologi beserta perkembangan ilmu dan prospeknya di masa depan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi dan membuat makalah tentang satu cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya di masa depan.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Kerja Biologi IA, Esis
• Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
• Informasi tentang berbagai cabang ilmu biologi dari berbagai sumber, misalnya, koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet

VI. Penilaian
• Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.1)
• Hasil makalah tentang cabang ilmu biologi


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 4
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
Tujuan : Siswa dapat memahami ciri-ciri virus, struktur tubuh virus, dan peran virus bagi manusia



I. Indikator
• Menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis
• Mendeskripsikan ciri-ciri virus
• Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan
• Menggambar skema reproduksi virus
• Mengidentifikasi peran virus bagi manusia
• Membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya

II. Materi Ajar
• Prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup
• Ciri-ciri virus meliputi:
1. Ciri benda mati virus
2. Ciri hidup virus
• Struktur tubuh virus
• Cara reproduksi virus
• Peran virus bagi manusia meliputi:
1. Peran yang menguntungkan
2. Peran yang merugikan

III. Metode Pembelajaran
• Diskusi-Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (15 menit)
• Guru bersama siswa mendiskusikan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup.
• Guru bersama siswa mendiskusikan klasifikasi makhluk hidup pada tingkat Kingdom.
B. Kegiatan inti (65 menit)
• Guru menanyakan sejarah penemuan virus.
• Guru bersama siswa menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis.
• Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri dan struktur tubuh virus.
• Siswa menyimpulkan perbedaan ciri virus dengan makhluk hidup lain (kegiatan 3.1).
• Guru bersama siswa menggambar skema reproduksi virus.
• Guru bersama siswa mendiskusikan peran virus bagi manusia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri dan struktur tubuh virus.
• Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tertulis tentang virus dan penyakit yang disebabkannya.
Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.

V. Alat/Bahan/Sumber
• Buku Kerja Biologi IA, Esis
• Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab II dan III
• Foto ultramikroskopis virus
• Berbagai informasi tentang penyakit yang disebabkan virus

VI. Penilaian
• Uji kompetensi tertulis
• Hasil kajian tentang peran virus dan kajian tentang virus


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 5 dan 6
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu memahami prokariot yang meliputi struktur, fungsi tubuh, klasifikasi, dan peranan Eubacteria dan Archaeobacteria



I. Indikator
• Menjelaskan pengertian prokariotik
• Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubaeteria
• Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
• Membedakan struktur Eubakteria dan Archeobacteria
• Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia

II. Materi Ajar
• Pengertian prokariot
• Ciri-ciri Eubacteria
1. Bentuk sel dan kloloni Eubacteria
2. Sturktur sel Eubacteria
3. Cara hidup Eubacteria
4. reproduksi bakteri
• Klasifikasi Eubacteria
• Perbedaan Archaeobacteria dan Eubacteria
• Contoh-corntoh Archaeobacteria
• Peranan bakteri bagi manusia

III. Metode Pembelajaran
• Diskusi-Penugasan-Pengamatan

IV. Langkah Langkah Pembelajaran

Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan beberapa makanan yang melibatkan bakteri dalam pembuatannya.
• Guru bersama siswa menyimpulkan arti penting bakteri bagi manusia.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan bakteri dengan menggunakan Kegiatan 4.1 dan 4.2.
• Siswa menyiapkan alat dan bahan, dan melakukan pengamatan struktur bakteri.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa mengembalikan alat dan bahan pengamatan.
• Siswa menyusun laporan hasil pengamatan.
• Siswa mengumpulkan laporan.

Pertemuan 6 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (15 menit)
• Guru menanyakan kembali hasil pengamatan bakteri.
• Guru dan siswa mendiskusikan ciri umum prokariot.
• Guru dan siswa mendiskusikan kelompok dalam prokariot.
B. Kegiatan inti (65 menit)
• Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteri.
• Guru bersama siswa mendiskusikan struktur dan fungsi sel bakteri.
• Guru bersama siswa mendiskusikan berbagai contoh Eubakteria.
• Guru bersama siswa mendiskusikan perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria.
• Guru bersama siswa mendiskusikan peranan bakteri bagi manusia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru menugaskan siswa melakukan praktek pembuatan yoghurt dengan menggunakan kegiatan 4.4 sebagai Kegiatan mandiri di rumah.

VI. Alat/Bahan/Sumber
• Buku kerja Biologi 1A, Esis
• Buku Biologi , SMA Kelas X, Esis, Bab IV
• Biakan bakteri
• Air kolam
• Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup

VII. Penilaian
• Laporan hasil pengamatan bakteri
• Uji kompetensi tertulis


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 7 dan 8
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista dan peranannya bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri Protista, mengklasifikasikan Protista, peranan Protista bagi manusia



I. Indikator
• Mendeskripsikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan,menyerupai tumbuhan dan menyerupai jamur.
• Mengelompokkan contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
• Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia.

II. Materi Ajar
• Ciri-ciri Protista meliputi:
1. Protista yang meyerupai tumbuhan
2. Protista yang menyerupai hewan
3. Protista yang menyerupai jamur
• Peranan protista bagi manusia meliputi:
1. Peranan yang menguntungkan
2. Peranan yang merugikan

III. Metode Pembelajaran
• Diskusi - Penugasan - Pengamatan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan kembali kepada siswa ciri-ciri prokariot.
• Guru mendiskusikan makhluk hidup satu sel lainnya yang mempunyai ciri berbeda dengan prokariot.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
• Siswa melakukan pengamatan makroskopis maupun mikroskopis Protista.
• Siswa menggambar hasil pengamatan.
• Siswa membuat laporan hasil pengamatan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri Protista.
• Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.


Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum Protista.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi Protista.
• Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
• Siswa mendeskripsikan contoh-contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tentang Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.3.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku kerja Biologi 1A, Esis
• Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab V
• Air kolam
• Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup
• Berbagai informasi tentang Protista dari berbagai sumber (koran, majalah, buku, atau internet)

VI. Penilaian
• Laporan hasil pengamatan Protista
• Makalah kajian Protista
• Uji kompetensi tertulis


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 9 dan 10
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri jamur, mengklasifikasikan jamur, dan peranan jamur bagi manusia



I. Indikator
• Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
• Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan
• Membedakan spora aseksual dan seksual
• Memberikan alasan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam klasifikasinya
• Membuat produk makanan yang menggunakan jamur

II. Materi Ajar
• Ciri-ciri jamur meliputi:
1. Ciri struktur
2. Cara hidup
• Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi:
1. Spora aseksual
2. Spora seksual
• Klasifikasi jamur
• Peranan jamur bagi manusia
• Proses produksi yang memanfaatkan jamur

III. Metode Pembelajaran
• Diskusi – Pengamatan – Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan beberapa jenis jamur yang sudah dikenal siswa.
• Guru bersama siswa mendiskusikan ciri jamur berdasarkan contoh jamur yang dikenal siswa.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk mengamati jamur yang dibawa siswa dengan menggunakan Kegiatan 6.1.
• Siswa mengamati jamur baik dan menggambarkan hasil pengamatan.
• Siswa membuat laporan hasil pengamatan.


C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri jamur berdasarkan hasil pengamatan.
• Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan siswa.

Pertemuan 10 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum jamur.
B. Kegiatan Inti (70 menit)
• Guru bersama siswa mendiskusikan struktur tubuh jamur.
• Guru bersama siswa mendiskusikan cara hidup jamur.
• Guru bersama siswa mendiskusikan cara reproduksi jamur.
• Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi jamur dan contoh masing-masing divisi.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru menyimpulkan ciri-ciri, cara hidup, dan klasifikasi jamur.
• Guru menugaskan siswa untuk membuat produk makanan yang menggunakan jamur, misalnya tempe dan tape dengan menggunakan Kegiatan 6.2.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku kerja Biologi 1A, Esis
• Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VI
• Berbagai jamur yang bisa dijumpai di sekitar siswa
• Bahan-bahan pembuat tempe atau tape

VI. Penilaian
• Laporan hasil pengamatan jamur
• Uji kompetensi tertulis


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
Tujuan



I. Indikator
• Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
• Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
• Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan.

II. Materi Ajar
• Keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem

III. Metode Pembelajaran
• Pengamatan – Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru mendiskusikan adanya gejala keanekaragaman yang dijumpai siswa di lingkungan sekitar.
• Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati dengan menggunakan Kegiatan 7.1.
• Siswa mengamati keanekaragaman hayati.
• Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dan menyusun laporan
• Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa mengumpulkan laporan hasil kerja siswa

V. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku kerja Biologi 1A, Esis
• Buku Biologi, SMA kelas X, Esis, Bab VII
• Berbagai makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah

VI. Penilaian
• Laporan hasil pengamatan
• Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
Tujuan : Siswa dapat menjelaskan karakteristik keanekaragaman hayati Indonesia, manfaat, dan cara melestarikannya


I. Indikator
• Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
• Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
• Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.
• Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.
• Membedakan pelestarian In situ dan ex situ.

II. Materi Ajar
• Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan
• Pembagian daerah fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
• Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis
2. Hutan musim
3. Sabana
4. Stepa
• Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
• Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ

III. Metode Pembelajaran
• Diskusi – Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan.
• Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace.
• Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia.
• Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati.
• Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati.
• Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
a. Buku kerja Biologi 1A, Esis
b. Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VII
c. Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah

VI. Penilaian
• Kliping tentang berbagai makluk hidup khas daerah
• Uji kompetensi tertulis


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 3 dan 4
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan lumut bagi manusia



I. Indikator
• Mendiskripsikan ciri umum dunia tumbuhan
• Menyusun klasifikasi dunia tumbuhan
• Mendeskripsikan ciri-ciri umum tumbuhan lumut (Bryophyta)
• Menggambar struktur tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan
• Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut
• Mengumpulkan informasi tentang peranan lumut bagi manusia

II. Materi Ajar
• Ciri umum dunia tumbuhan
• Klasifikasi tumbuhan
• Ciri-ciri dan struktur tubuh tumbuhan lumut (Bryophyta)
• Klasifikasi tumbuhan lumut (Bryophyta)
• Siklus hidup tumbuhan lumut (Bryophyta)
• Peranan Bryophyta bagi manusia

III. Metode Pembelajaran
• Pengamatan – Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru bersama siswa berdiskusi tentang dunia tumbuhan (Plantae).
• Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
• Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat lumut (atau guru bersama siswa menyiapkan lumut segar).
• Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut dengan menggunakan Kegiatan 8.1.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Siswa mengamati tumbuhan lumut secara berkelompok.
• Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan lumut.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
• Guru meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.

Pertemuan 4 (1 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (5 menit)
• Guru memberi komentar umum laporan hasil kegiatan pengamatan sebelumnya.
B. Kegiatan inti (35 menit)
• Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan.
• Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan lumut.
• Guru bersama siswa mendiskusikan peranan lumut bagi manusia.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
• Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang ciri umum tumbuhan lumut.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Kerja Biologi IB, Esis
• Buku Biologi SMA I kelas X, Esis, Bab VIII
• Spesimen tumbuhan lumut
• Loupe

VI. Penilaian
• Laporan hasil pengamatan
• Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 5 dan 6
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam Dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup dan peranan tumbuhan paku bagi manusia



I. Indikator
• Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta)
• Mengklasifikasikan tumbuhan paku (Pteridophyta)
• Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan
• Menggambar siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
• Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta) bagi manusia

II. Materi Ajar
• Ciri-ciri tumbuhan paku (Pteridophyta)
• Klasifikasi tumbuhan paku (Pteridophyta)
• Struktur tubuh tumbuhan paku (Pteridophyta)
• Siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
• Peranan tumbuhan paku (Pteridophyta) bagi manusia

III. Metode Pembelajaran
• Pengamatan – Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
• Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat paku (atau guru bersama siswa menyiapkan berbagai contoh paku).
• Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan dengan dengan menggunakan Kegiatan 8.2.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Siswa mengamati tumbuhan paku secara berkelompok.
• Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan paku.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
• Guru meyimpulkan ciri-ciri tumbuhan paku berdasarkan hasil pengamatan.


Pertemuan 6 (1 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal
• Guru menanyakan kembali ciri-ciri tumbuhan paku.
B. Kegiatan Inti
• Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan paku.
• Guru bersama siswa mendiskusikan peranan tumbuhan paku bagi manusia.
C. Kegiatan Akhir
• Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil diskusi.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Kerja Biologi IB, Esis
• Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
• Spesimen tumbuhan paku
• Loupe

VI. Penilaian
• Laporan hasil pengamatan
• Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 7
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia



I. Indikator
• Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)
• Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji (spermatophyta)
• Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga
• Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji (spermathophyta)
• Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia

II. Materi Ajar
• Ciri-ciri tumbuhan berbji (Spermatophyta)
• Klasifikasi tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
• Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
• Peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia

III. Metode Pembelajaran
• Pengamatan – Diskusi

IV. Langkah -Langkah Pembelajaran

Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru meminta siswa menjelaskan jenis tumbuhan lain yang belum dibahas.
• Guru meminta beberapa contoh tumbuhan yang dekat dengan siswa.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru meminta siswa untuk mengungkapkan ciri-ciri tumbuhan berbiji berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
• Guru bersama dengan siswa mendiskusikan klasifikasi tumbuhan berbiji.
• Siswa mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri masing-masing kelompok.
• Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai peranan tumbuhan berbiji bagi manusia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.


V. Alat / Bahan/ Sumber
• Buku Kerja Biologi, Esis
• Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
• Spesimen tumbuhan berbiji
• Loupe

VI. Penilaian
• Uji kompetensi tertulis


RNECANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 9 dan 10
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri hewan dan membandingkan ciri-ciri masing-masing filum Dunia Hewan



I. Indikator
• Mendeskripsikan ciri umum dunia hewan
• Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan
• Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
• Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan

II. Materi Ajar
• Ciri umum dunia hewan
• Dasar klasifikasi dunia hewan
• Klasifikasi dunia hewan

III. Metode Pembelajaran
• Pengamatan – Diskusi

IV. Langkah Langkah Pembelajaran

Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan tumbuhan.
B. Kegiatan inti (75 menit)
• Guru dan siswa mendiskusikan klasifikasi dunia hewan.
• Siswa mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan ciri-ciri masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
• Siswa mengumpulkan tabel hasil perbandingan.
• Guru menyimpulkan ciri umum dunia hewan.

Pertemuan 10 (2 X 45 menit)

A. Kegiatan awal
• Guru meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya dan mempersiapkan alat dan bahan pengamatan arthropoda
B. Kegiatan Inti
• Siswa mengamati contoh hewan arthropoda dengan menggunakan kegiatan 9.1
• Siswa mencatat hasil pengamatan
• Siswa membersihkan alat dan bahan, dan mengembalikan ke tempat semula
• Siswa menyusun laporan.
C. Kegiatan Akhir
• Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil pengamatan.
• Siswa mengumpulkan laporan pengamatan.

V. Alat / Bahan/ Sumber
• Buku Kerja Biologi IB, Esis
• Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab IX
• Belalang, laba-laba, udang dan lipan/kelabang
• Loupe

VI. Penilaian
• Laporan hasil pengamatan
• Uji kompetensi tertulis


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 11 dan 12
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar : 4.1 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ruang lingkup ekologi, interaksi yan terjadi dalam ekosistem, perjalanan energi, dan materi dalam ekosistem



I. Indikator
• Mendefinisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
• Membedakan pengunaan istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
• Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
• Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi, dan daur energi
• Mengambarkan bagan/skema daur biogeokimia

II. Materi Ajar
• Pengertian ekologi sebagai ilmu
• Ekosistem dan komponen penyusunnya
• Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fungsinya
• Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem
• Berbagai interaksi dalam ekosistem
• Rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi
• Aliran energi dan siklus materi dalam ekosistem
• Daur biogeokimia

III. Metode Pembelajaran
• Pengamatan – Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru meminta siswa untuk menunjukkan adanya interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
• Guru bersama siswa mendiskusikan ruang lingkup ekologi.
• Guru membagi kelas menjadi enam kelompok.


B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru meminta siswa mengamati komponen abiotik dalam ekosistem dengan menggunakan Kegiatan 10.1.
• Guru dan siswa mendiskusikan komponen ekosistem.
• Guru dan siswa mendiskusikan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian eksosistem dan komponen-komponennya.
• Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.

Pertemuan 12 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menunjukkan interaksi yang paling menonjol adalah aktivitas makan.
B. Kegiatan Inti (70 menit)
• Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi beberapa rantai makanan yang terjadi dalam ekosistem.
• Siswa menggambar rantai-antai makanan tersebut, sehingga akan membentuk jaring-jaring makanan.
• Siswa menggambar piramida ekologi berdasarkan jaring-jaring makanan.
• Siswa mendeskripsikan perjalanan energi dan materi dalam ekosistem serta daur biogeokimia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rantai makanan, perjalanan energi dan materi dalam ekosistem, serta daur biogeokimia.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Kerja Biologi IB, Esis
• Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab X
• Ekosistem yang ada di sekitar sekolah

VI. Penilaian
• Laporan hasil pengamatan
• Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 13 dan 14
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar : 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3 Menganaisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4 Membuat produk dau ulang limbah
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah lingkungan dan pelestarian lingkungan



I. Indikator
• Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
• Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
• Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
• Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
• Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
• Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
• Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang

II. Materi Ajar
• Keseimbangan lingkungan
• Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
• Beberapa bahan pencemara dan dampaknya
• Upaya pencegahan pencemaran lingkungan
• Penanganan limbah dengan cara daur ulang

III. Metode Pembelajarn
• Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

IV. Langkah Langkah pembelajaran

Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari aktivitas tersebut.
• Guru dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru bersama siswa mengidentifikasi sistem keseimbangan dalam lingkungan.
• Guru bersama siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
• Guru bersama siswa mendefinisikan pengertian pencemaran lingkungan.
• Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai pencemaran lingkungan, sebab, dan dampaknya.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru menyimpulkan pencemaran lingkungan sebab dan dampaknya.

Pertemuan 14 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompoknya.
• Guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat dan bahan untuk eksperimen dengan menggunakan Kegiatan 11.1 atau 11.2.
B Kegiatan inti (65 menit)
• Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk eksperimen.
• Siswa membuat perlakuan eksperimen.
• Siswa melakukan pengamatan.
• Siswa menyusun laporan hasil pengamatan lalu mengumpulkan.
C. Kegiatan akhir (15 menit)
• Guru menyimpulkan hasil kegiatan eksperimen
• Guru bersama siswa mendiskripsikan penanganan limbah dengan cara daur ulang dan produk-produk hasil daur ulang limbah.
• Guru menugaskan siswa untuk membuat kertas daur ulang di rumah dengan menggunakan Kegiatan 11.3.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Kerja Biologi IB, Esis
• Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab XI
• Beberapa aktivitas manusia
• Bahan untuk daur ulang kertas

VI. Penilaian
• Laporan hasil eksperimen
• Uji kompetensi tertulis